Minggu, 27 Oktober 2013

GeoGebra Sebagai Media Pembelajaran Matematika

Berbagai program komputer telah dikembangkan dan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika, salah satunya adalah GeoGebra. GeoGebra pertama kali dikembangkan oleh Markus Hohenwarter pada 2001 dalam disertasi masternya pada Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Komputer di Universitas Salzburg Austria. GeoGebra merupakan perangkat lunak opensource yang telah digunakan secara luas, diterjemahkan lebih dari 25 bahasa, dan telah mendapatkan beberapa penghargaan internasional di Eropa dan Jerman sebagai software pendidikan. Nama GeoGebra merupakan kependekan dari geometry (geometri) dan algebra (aljabar), tetapi program ini tidak hanya mendukung untuk kedua topik tersebut, tapi juga mendukung banyak topik matematika di luar keduanya.
Menurut Hohenwarter dan Fuchs (2004), GeoGebra adalah software  serbaguna untuk pembelajaran matematika di sekolah menengah.  Dalam pembelajaran matematika GeoGebra dapat  dimanfaatkan sebagai berikut.
  1. GeoGebra untuk media demontrasi dan visualisasi.
  2. GeoGebra sebagai alat bantu kontruksi.
  3. GeoGebra sebagai alat bantu penemuan konsep matematika
  4. GeoGebra untuk menyiapkan bahan-bahan pengajaran
Pemanfaatan GeoGebra sebagai media pembelajaran dapat digunakan untuk menjelaskan konsep matematika atau dapat juga digunakan untuk eksplorasi, baik untuk ditayangkan oleh guru di depan kelas atau siswa bereksplorasi menggunakan komputer sendiri. Menurut Mahmudi (2010) Beberapa keuntungan dari penggunaan GeoGebra dalam pembelajaran geometri sebagai berikut.
  1. Lukisan-lukisan geometri yang biasanya dihasilkan dengan cepat dan teliti dibandingkan dengan menggunakan pensil, penggaris, atau jangka.
  2. Adanya fasilitas animasi dan gerakan-gerakan manipulasi (dragging) pada program GeoGebra dapat memberikan pengalaman visual yang lebih jelas kepada siswa dalam memahami konsep geometri.
  3. Dapat dimanfaatkan sebagai balikan/evaluasi untuk memastikan lukisan yang telah dibuat benar.
  4. Mempermudah guru/siswa untuk menyelidiki atau menunjukkan sifat-sifat yang berlaku pada suatu objek geometri.
pustaka:

Berikut ini kami lampirkan file tutorial penggunaan GeoGebra dalam pembelajan matematika. Klik Link berikut untuk mendownload filenya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar